INFORMASI LOMBA




Fotografi (Umum)

Poster Infografis (Umum)

Cerpen (Pelajar dan Umum)

Esai (Pelajar dan Umum)

Puisi (Pelajar dan Umum)

TENTANG


A. Latar Belakang

Indonesia merupakan sebuah bangsa yang sudah tersohor serta selalu digadanggadang sebagai bangsa yang memiliki banyak keberagaman, mulai dari keragaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA), dan keberagaman lainnya. Dengan semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”, merupakan sebuah simbol bahwa Bangsa Indonesia sangat menghargai keberadaan dari perbedaan tersebut. Namun, menghargai saja tak semerta-merta menghilangkan masalah yang ditimbulkan. Tak jarang perseteruan antar golongan timbul akibat banyaknya perbedaan yang ada tersebut. Dengan kemunculankemunculan kasus diskriminasi, rasisme, dan penghinaan berbasis SARA di Indonesia baru-baru ini, sebagai mahasiswa rasanya penting untuk mempertanyakan kembali eksistensi dan urgensi semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” di tengah masyarakat.


Oleh karena itu, memasuki akhir tahun 2018, Surat Kabar Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Bulaksumur (SKM UGM Bulaksumur) sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkup kampus yang bergerak di bidang pers dan jurnalistik bermaksud untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertajuk “Bulaksumur Journalism Festival (BJF)”.


Kesuksesan BJF yang telah terukir dua tahun lalu membuat SKM UGM Bulaksumur ingin mengulang pencapaian itu kembali. Tahun ini BJF mengangkat tema “Indonesia dan Perbedaan, Meninjau Kembali Kebhinnekaan”. Acara ini dikemas untuk membahas tentang eksistensi dan urgensi “Bhinneka Tunggal Ika” di tengah masyarakat melalui rangkaian acara seperti lomba kepenulisan, desain, dan fotografi serta diakhiri dengan seminar publik. Lebih dari itu, acara ini juga bertujuan membangkitkan daya kritis mahasiswa pada khususnya serta masyarakat pada umumnya untuk menghadapi tantangan yang dimaksudkan sebagai perbedaan.


Puncak dari rangkaian acara ini selain menggelar seminar publik juga akan dilangsungkan dengan peluncuran majalah tahunan yang menjadi ciri khas dari SKM UGM Bulaksumur, yakni “Bulakomik”. Berita Rasa Komik (Bulakomik) merupakan salah satu produk kebanggaan SKM Bulaksumur. Produk ini merupakan hasil kolaborasi antar Divisi Redaksi dan Subdivisi Ilustrasi dari Divisi Produksi karena pembuatannya dikerjakan secara “handmade” yang kemudian diproses secara digital untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. Tahun ini Bulakomik memasuki edisi ke-15 dengan tema besar yang diusung mengenai “Suka Duka Kepanitiaan Event”.



B. Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan acara ini antara lain:
1. Memperkenalkan karya dan dunia jurnalistik kepada mahasiswa pada khusunya dan masyarakat pada umumnya.

2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan masyarakat yang berminat dengan dunia jurnalistik untuk dapat turut serta mengembangkan minat dan bakatnya.

3. Menciptakan wadah bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk menyalurkan kreativitas dan aspirasi dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

4. Membangkitkan daya pikir kritis mahasiswa dan masyarakat umum dalam menghadapi masalah yang timbul akibat perbedaan.

5. Memperkenalkan SKM UGM Bulaksumur sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa bidang pers dan jurnalistik di UGM.



C. Hasil yang diharapkan

1. Mahasiswa dan masyarakat dapat menghargai karya jurnalistik.

2. Mengembangkan minat dan bakat mahasiwa dan masyarakat apabila mereka tertarik terjun ke dunia jurnalistik.

3. Tersalurkannya kreativitas dan aspirasi dari mahasiswa dan masyarakat dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

4. Terbangkitkannya daya pikir kritis mahasiswa dan masyarakat terhadap masalah yang ditimbulkan akibat perbedaan.




Hubungi Kami


Perum Dosen Bulaksumur B21
Yogyakarta 55281

humas.bjf18@gmail.com

@bulaksumurfest @skmugmbul

@Bulaksumurfest @skmugmbul

@bkt3192w